Hidup Mulia Tanpa Klenik dan Kanuragan

Capture2222

Pernah suatu ketika saya dinasihati oleh salah satu mursyid toreqoh mu’tabaroh bahwa dalam hidup, ilmu sejati yang harus terus dicari adalah ilmu selamet (selamat, aman dari segala marabahaya dunia dan akhirat), bukan sebaliknya, mencari ilmu kesaktian atau kanuragan.

Jika kita muslim, maka salat lima waktu tepat waktu dan berjamaah (diusahakan bisa) serta melakukan salat-salat sunnah yang lain sesuai waktu dan kebutuhan (hajat, dhuha, tahajud, dll) adalah sesuatu yang mutlak untuk meraih keselamatan itu, sisanya bisa ditambahkan dengan kegiatan-kegiatan sunnah lainnya, termasuk kegiatan bermuamalah dengan sesama.

Beliau pun melanjutkan cerita bahwa orang yang memiliki ilmu kanuragan atau klenik biasanya hidupnya hanya sebatas PAS atau bahkan kurang-kurang. Setidaknya, saya mengamini nasihat beliau karena saya melihat fenomena yang ada di masyarakat, terutama di daerah kelahiran dan tempat tinggal saya saat ini memang begitulah kenyataannya. Sebut saja, ini bagi yang percaya dengan ilmu santet atau sihir, bahwa untuk menangkal santet atau sihir, orang akan mengamalkan amalan yang macam-macam, entah mantra, entah jampi-jampi, dan sejenisnya, tetapi jauh dari itu, jika kita mengerti ilmu hadits secara utuh, dengan salah isya’ berjamaah saja, Insyallah kita akan terhindar dari ilmu santet dan sejenisnya. Jadi, modalnya hanya salat isya’ berjamaah.

Nah, kebetulan saya menemukan fenomena online sebagai verifikasi pamungkas dawuh atau nasihat dari mursyid toreqoh bahwa ucapan beliau itu ada benarnya jika ditilik dari status anggota grup yang sudah saya samarkan nama orang dan nama grupnya. Silakan disimak sendiri dan direnungi sendiri.

Bagi kawan-kawan yang masih bergelut dengan aneka klenik dan kesaktian atau kanuragan, sebaiknya ditinggalkan, karena sejatinya itu semua tiada bermanfaat dalam jangka panjang, mungkin terlihat hebat sesaat itu iya. Juga, bagi teman-teman yang suka menyesatkan para sufi atau ahli toreqoh, sampeyan perlu piknik. Orang-orang toreqoh itu lebih wirai dari orang biasa, lebih ingat Allah SWT daripada kita kebanyakan, yang dilupakan dengan urusan dunia. Mereka bekerja, mengajar, belajar, tetapi selalu mengingat Allah SWT dan bermuamalah penuh adab tak seperti kita.

Saya bukan pengamal klenik, juga bukan ahli toreqoh atau pengikut toreqoh mana pun, tulisan ini saya tulis di sela-sela waktu senggang saya dari angon.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s