Dan bapakku guru ngaji pertamaku.

Di mana pun dan kapan pun membaca atau mendengar surat ini, pikiran dan otak saya selalu dibawa kembali ke masa super silam atau kalau kaset begitu ya, direwind sampai habis mundur ke belakang.

Masa kecil saya itu termasuk masa yang paling malas bagi saya. Jika Yanto, Yono, Budi HartonoDidik Fafa Swimming Course, dan kawan-kawan saya yang lain sudah tartil membaca Alquran, beda lagi dengan saya. Saya ini yang paling malas sejagat. Alhasil, Alif Ba Ta ya tidak paham sama sekali.

Suatu ketika saat teman-teman yang lain hendak akan mengaji Alquran di musholla Mbah Bashir (sekitaran masjid Attaqwa Paciran), saya ditinggal oleh teman-teman yang akan hendak mengaji di sana, kebetulan malam itu adalah malam pertama saya akan memulai ngaji Alif Ba Ta. Seperti anak kecil pada umumnya, karena ditinggal oleh teman-teman saya, saya pun menangis sejadi-jadinya. Bapak saya, yang kebetulan akan melakukan salat wajib infirod di rumah pun dengan tanggap menyambut tangan saya, dan digelarkan sajadah, serta disiapkan Alquran tebal yang tampak kuno (sepertinya masih tersimpan rapi di rumah).

Seusai salat maghrib berjamaah dengan saya, kami duduk bersila dan surat alquran di foto inilah yang pertama diajarkan beliau kepada saya. Saya hanya disuruh mendengarkan tanpa dijelaskan satu-satu maksud dari ayat itu bahkan makhrojnya. Pokoknya, saya disuruh menyimak dan melantunkannya berulang dan…..

Secara tidak langsung, saya hafal surat ini dengan sendirinya melalui suara yang dikeluarkan oleh bapak saya. Jika saya ditanya siapa guru ngaji saya pertama, ya itu bapak saya.

Saya tidak sedang ‘ngapik-ngapik’ (promosi) bapak saya. Bapak saya ini ngajinya super lancar (saat beberapa kali main di Pasuruan), tapi anehnya anaknya yang satu ini malah mulai belajar ngaji. Alhasil, baca Qurannya masih belum cetoh bahkan tidak jelas dan tidak karuan. Lak isin2i bapak e ah ngene iki. Bapake pinter ngaji, anake OON. Bapake wis hatam bolak balik, anake mek hatam fatihah bolak balik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s