Dunia bagai perawan molek tak berdaya

Aku bermimpi semalam. Mimpi itu tampak tak biasa seperti bunga-bunga tidur pada umumnya. Sepertinya ada sesuatu yang sangat amat mendalam yang patut direnungkan dalam mimpi itu. Ya, aku bermimpi berjumpa dengan gadis cantik yang sangat molek dan ayu.

Wajahnya tampak begitu sempurna. Tubuhnya begitu semampai, dan tak kulihat satu pun bekas luka pada tubuhnya yang tampak oleh pandangan mata. Pakaian yang menempel di tubuhnya pun tampak serasi dan indah. Aku pun terkagum-kagum melihatnya, dari kejauhan yang aku sendiri tidak tahu berapa jaraknya. Lama aku pandang, lama aku bayangkan, gadis itu semakin mendekatiku, semakin dekat, dekat lagi, dan akhirnya melewatiku.

Aku perhatikan terus gadis itu, aku pandangi berulang-ulang, dan gadis itu sudah terbujur kaku, tetapi kecantikan dan kesempurnaannya tak sedikit pun pudar bersama pudarnya nyawamnya.

Begitulah gambaran dunia itu. Begitulah dunia itu digambarkan lewat mimpiku semalam itu. Cowok mana yang tidak akan terbuai dan terbius akan kecantikan seorang cewek cantik seperti itu? Begitu pula sang pengejar dunia yang akan selalu terbuai dan terpanah akan indahnya isi dunia ini. Hanya sedikit yang tidak tertarik. Hanya sedikit yang mengerti bahwa cewek itu tidak perlu dikejar-kejar sampai sejadi-jadinya. Biarkan cewek itu berlari ke sana kemari, biarkan cewek itu menghampiri kita tanpa kita kejar-kejar.

Ya, dunia memang indah, seperti seorang gadis cantik nan molek yang mampu membius para lelaki yang bernafsu tinggi. Dalam salah satu riwayat, dunia ini juga dianalogikan dengan tulang belulang yang direbut oleh ratusan bahkan ribuan ekor anjing, padahal dunia ini jelas sekali. Jelas sebagai sarana Tuhan untuk menguji hamba-NYA dan Tuhan pun berfirman dalam hadits qudsi-NYA

Wahai dunia! Layanilah orang-orang yang berkhidmat kepada-Ku, dan perbudaklah orang-orang yang mengabdi kepadamu. (Hadits Qudsi dari Ibnu Mas’ud)

Begitulah posisi dunia itu. Dunia, katanya, pangkal dari segala kesesatan dan kegelapan. Semoga kita tidak sesat dan gelap karena dunia. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s