Kuabadikan kenangan ini dalam sanubariku

Masa sekolah menjadi begitu indah dengan bumbu-bumbu kenakalan dan keunikannya atau bahkan kejadian lucunya! Aku pun tak terlepas dari masa-masa ini saat aku duduk di bangku Madrasah Aliyah kelas 1. Aku ingat betul salah satu kejadian yang tak pernah hilang dari ingatanku hingga aku sedewasa ini. Ya, aku masih ingat waktu itu saat aku disuruh mewakili kelasku sebagai muazin pada perhelatan kompetisi lokal dalam sekolah atau kami biasa menyebutnya class meeting pada saat itu.

Aku terpilih bukan karena suaraku merdu dan enak didengar. Aku dipilih karena satu kelas kompak tidak ada yang mau. Dan aku pun terpaksa mengikuti perintah ketua kelasku. Menjadi muadzin dadakan! Sebagai informasi saja, aku pun pernah memegang rekor muazin lupa lafaz; lupa mengumandangkan salah satu bagian azan subuh saat azan di salah satu surau yang ada di sekolahku. Ya, rekor ini sungguh sangat membuatku malu!

Beberapa jam kemudian, tibalah giliranku dan aku pun memasuki ruangan lomba azan. Aku masuk dengan mengucapkan salam, tapi tak tersadar jikalau yang menjadi juri waktu itu adalah para kiai atau ulama besar; sebut saja K.H. Salim Azhar, K.H. Abdul Goni Manan, dan satunya lagi aku lupa. Aku pun mulai mengumandangkan azan dan aku sekilas melihat ekspresi beliau-beliau ini sambil menyelesaikan giliranku (aku tak bisa menebak apa yang dipikirkan beliau-beliau ini tentangku). Dasar muazin dadakan dengan rekor sekali azan subuh di surau dan itu pun lupa dua bagian dari azan itu, keringat dingin pun mulai keluar dan seluruh tubuhku basah kuyup penuh keringat sampai tubuhku terasa seolah-olah tak ada di tempat itu. Kenangan itu tak pernah terlupa, meski aneh dan memalukan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s