Sang Pemuda Bodoh!

cartoon-cars-clipart-2Di sebuah universitas kenamaan dengan gedungnya yang tinggi menjulang beserta sarana dan prasarananya yang menurut pandangan saya sebagai orang dari dusun ini, ‘luar biasa!’, saya melihat satu fenomena yang menarik (lagi menurut saya yang melihatnya dari sudut pandang yang berbeda).

Pagi itu, saat saya sedang menikmati kopi pagi bersama kawan-kawan, saya melihat ada seorang pemuda dengan wajah yang pas-pasan (menurut saya sih), tapi sang pemuda ini terlihat sangat percaya diri dan tak tampak sedikit pun wajah minder di setiap gerakannya, bahkan saya melihatnya sebagai over confident. Saya memerhatikannya terus karena rasa penasaran saya dan perasaan saya yang mengatakan pasti ada kejadian unik yang bisa saya saksikan dari pemuda ini. Ternyata tunggangan sang pemuda ini adalah sebuah mobil Honda Brio warna putih dan saya pun berkesimpulan inilah alasan kuat di balik sikapnya yang unik tadi!

Ah benar saja! Saya teringat 10 atau 15 tahun yang lalu saat saya masih duduk di bangku perkuliahan. Saya membayangkan ingin menjadi seperti pemuda itu, meski imajinasi saya itu tak pernah terwujud sampai sekarang seiring dengan berlalunya waktu. Saya pun seketika itu (saat di warung kopi) diajak berpikir ‘jika Allah menjadikan saya seperti pemuda ini saat itu, apakah saya seperti yang sekarang ini?’ Saya pun langsung mengucap syukur Alhamdulillah dan saya menemukan keindahan-keindahan sirr (rahasia) Allah di balik ini semua. Jika Allah memosisikan saya sama dengan pemuda ini pada waktu itu, saya tidak yakin bahwa saya akan mampu menjalani hidup ini sebagai orang normal (baca: orang yang tidak banyak gaya biar tidak banyak tekanan hehehe) atau bahkan sifat takabbur yang akan selalu muncul karena merasa bahwa harta dunia adalah segala-galanya, padahal tidak sama sekali!

That is the moral of the story! Kembali ke pemuda itu lagi. Pikirnya tunggangannya akan menyilaukan semua orang yang melihat dan memandangnya, terutama mata dan pandangan para gadis di sekitarnya. Mungkin ini benar atau bisa juga ini salah besar! Saya pribadi melihatnya sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja. Harta tak menarik hati saya dan menyilaukan saya pun tidak juga meski saya akui saya sangat gila kerja. Saya pun yakin bahwa tak satupun gadis yang meliriknya kecuali mereka yang tidak normal saja.
 
Wahai sang pemuda bodoh!
Berhentilah membuat dirimu tambah bodoh
Dengan sikapmu yang saat ini
Yang menurutmu mampu meluluhkan setiap hati
Dari para putri
Sehingga engkau dipuja dan dipuji
Sampai akhir hayat nanti
Ketahuilah bahwa itu hanya ilusi
Ingatlah saat Tuhan mengusir sang iblis dari Surga
Bukan karena apa-apa
Tapi karena sifat takabburnya
Meski hanya terucap dalam sepatah kata’
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s