Sebuah kilas balik

ImageSaat sedang ‘kejar tayang’, sebuah kenangan 3-5 tahun lalu melintas. Saya ingat saya pernah menjadi seorang guru untuk anak-anak berusia 5-10 tahun. Sebuah kenangan indah tak terlupakan meski kehidupan serba kurang selalu menjadi santapan setiap akhir bulan. 😀

Selang beberapa tahun kemudian, alhmadulillah saya ditunjuk sebagai asisten kurikulum. Secara gaji sih tetap – tidak ada bedanya. Tetapi, ada tambahan fasilitas yang bisa saya manfaatkan untuk perjalanan panjang saya menabur benih-benih kehidupan makmur dan bahagia untuk anak, istri, dan keluarga saya.

Saya dapat fasilitas laptop, internet berkecepatan tinggi, dan tentu saja berbagai pelatihan pengembangan soft skill – marketing yang paling saya suka dari semuanya!

Tahun 2009 saya mulai getol dengan dunia online meski saat itu sekadar nge-blog dan menulis artikel. Terkadang, hanya menjelajah internet, termasuk mengunduh berbagai video – termasuk video biru (sekarang sudah tobat). 😀

Tahun 2009, saya menemukan sebuah situs terjemahan dengan iklan baris ‘Dibutuhkan penerjemah freelance. Hubungi axxxxxs@gmail.com‘. Saya layangkan surat lamaran dan seketika itu saya ditelepon oleh yang punya biro – Anindya Wahyudi (saya masih ingat betul namanya meski tidak pernah ketemu secara langsung). Saya diberi kepercayaan dan saat itu hanya Rp40/kata target yang saya terima. Kelihatannya sedikit, namun bagi saya rate tersebut sangat luar biasa. Saya bisa mengontrak satu rumah kecil dan membiayai aqiqoh anak saya. Hidup pun sudah tidak kekurangan secara materi. Satu hal yang paling saya ingat dari Mas Yudi ini; beliau selalu mau mengajari saya. Semua yang saya kerjakan diberi masukan. Setiap kali hasil pekerjaan saya setor, besoknya pekerjaan itu dikembalikan dengan beberapa revisi yang bisa saya gunakan sebagai acuan belajar. Alhamdulillah, saya bisa berkembang sampai sekarang berkat beliau. Semoga kesuksesan dan kelimpahan selalu menyertainya. Amin YRA.

Tahun 2009, saya mengenal Bahtera dan HPI setelah itu. Saya kenal dengan nama-nama hebat di situ. Dan ada satu momen yang sangat menarik ketika saya bertemu sang begawan dari Malang. Sebut saja Mas Sutarto Mohammad. Waktu itu saya bingung dengan kata ‘wanprestasi’ dan ‘borang’. Saya langsung layangkan kedua pertanyaan tersebut ke Bahtera dan disambutlah oleh orang kalem ini. Saya penasaran dan saya add Y!M-nya. Sejak saat itu saya sering bertukar pikiran dengan beliau, khususnya tentang CAT Tool dan pertimbangan-pertimbangan mengarungi dunia internasional. Kalau saya ditanya siapa orang pertama yang mengajari saya CAT Tool, ya Mas Tarto ini orangnya. Kalau ditanya lagi siapa yang mewujudkan impian saya memiliki Trados, ya Mas Tarto ini orangnya – jangan minta ke beliau ya. Sepertinya lisensinya sudah habis atau bisa tanya sendiri ke beliau. Semoga kemakmuran selalu menyertai beliau.

Pertemuan ini pun berlanjut sampai ke proyek raksasa yang dimulai pada awal bulan Ramadhan. Masih ingat saat kami konferensi bersama dalam satu waktu.

Tahun 2010, saya melepaskan atribut saya sebagai guru dan mengenakan pakaian ‘penerjemah purna-waktu’. Klien pertama saya untuk klien internasional berasal dari Hong Kong, kemudian India, dan Belanda setelah itu. Namun, saya tetap mengambil beberapa proyek lokal dan ada beberapa proyek bantu teman. Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar.

Tahun 2010, saya iseng-iseng mendirikan sebuah biro GJ (Gak Jelas) dengan nama GTrans (Gendeng Translation) dan akhirnya berubah nama menjadi ProBahasa pada tahun 2011 seiring waktu berjalan.

Banyak momen penting yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, namun semua ini terwujud berkat bantuan, dukungan dan dorongan teman-teman penerjemah yang kalau saya sebut satu-satu namanya bisa sampai tidak tidur semalam suntuk (kayak nonton Wayang Kulit saja). 🙂

‘Jalan itu tak selalu mulus, namun selalu ada saja jalan mulus yang akan kita injak ketika kita mau membukakan jalan bagi orang lain.’ 😉

Advertisements

One response to “Sebuah kilas balik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s