Sebuah renungan singkat…

Saat masih berada di bangku pesantren, salah seorang kiai saya berpesan dalam syi’ir yang artinya kurang lebih ‘Barang siapa yang memasuki perkara yang tidak memberikan manfaat baginya, maka ia akan keluar dengan perkara yang tidak disukainya.’

Saya ingat pesan beliau sampai saat ini dan saat saya akan melakukan perkara yang mungkin tidak memberikan manfaat bagi saya, pesan itu langsung terngiang di telinga. Waduh ciloko le.

Hidup adalah pilihan dan peluang selalu ada. Pertanyaannya, kita pilih manfaatkan peluang itu atau tidak? Sedikit bercerita, saya dulu sangat bersyukur diberikan kesempatan oleh para penerjemah senior dan bersumpah. Saya diberi job dan dibimbing sekaligus dapat penghasilan. Pernah juga mengemis untuk dijadikan inhouse di salah satu biro di Surabaya. Meski harus ikhlas hanya jadi penerjemah lepasnya. Lumayan, saya masih dibimbing dari jarak jauh. Siapa saja yang memiliki kesempatan, manfaatkan dengan baik. Kalau kita sedang sehat, gunakan sehat itu dengan baik. Kalau kita diberi kesempatan untuk menimba ilmu dan belajar langsung, manfaatkan dan gunakan fasilitas semaksimal mungkin. Jangan mengedepankan hiburan saja. Alat ada, sarana ada, pembimbing ada, tinggal kita pakai dan manfaatkan bukan malah mainan yang tidak bermanfaat, main game atau facebook misalnya?

Saya geleng-geleng kepala melihat mereka yang begini. Saya harus berdarah-darah untuk jadi penerjemah berkelas (meski sekarang masih kelas emperan). Kalau ada kesempatan, manfaatkan atau kita menyesal di kemudian hari. Pintu hati tak selalu terbuka dan tak bisa ditebak.

#Pengingat diri sendiri di kala sakit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s