[80005] Error tidak jelas pada TagEditor –> SDL Trados 2007

Saat kita dimanjakan oleh kecanggihan Trados yang bisa memudahkan pekerjaan kita, kadang kita lupa bahwa Trados juga bisa melakukan hal sebaliknya: bikin kita puyeng tujuh puluh keliling. Waktu sehari yang seharusnya bisa dipakai untuk menerjemah efektif menjadi sia-sia karena Trados ngambek – hahahahahaha syukuuuurrrr :p

Sebenarnya semua permasalahan terkait Trados memiliki solusi unik masing-masing. Apa saja itu? Anda tidak perlu bingung. Tinggal ketik kata kunci permasalahan yang sedang Anda hadapi dan si mbah Google akan segera datang membantu. Sebagian besar solusinya berbahasa Inggris. Kalau solusi berbahasa Indonesianya ada tidak? Only God knows. 😀

Saat sedang asyik membuka SDL Trados Synergy dan mengarahkan mouse pointer ke TagEditor kemudian berlanjut untuk menetapkan file yang akan diterjemahkan. Tiba-tiba sebuah pesan error muncul dan alamak saya harus oprek-oprek Trados saya. Sepuluh kali lebih saya masukkan file yang akan saya terjemahkan tersebut dan pesan error-nya sama saja. Nah lo bener kan kata saya. Trados turns a bad boy.

Pesan error-nya: (80005): This Microsoft Word document cannot be opened due to tracked changes that have not yet been accepted or rejected.

Saya melihat dan memahami pesan error tersebut dan saya sangat yakin saya bisa segera mengatasinya. Saya buka file aslinya [Ms. Word 1997-2003] dan saya matikan fitur Track Changes. Tidak sampai di situ saja. Saya pun mengeklik Accept dan Reject terkait pesan error tersebut. Ternyata sami rawon alias pesan error yang sama muncul. Saya melihat jam dan waktu menunjukkan pukul 11 malam. Waduh sudah 4 jam saya oprek-oprek Trados untuk mengatasi masalah tersebut dan no miracle comes up. Seharusnya saya bisa menyelesaikan terjemahan saya hanya dalam waktu kurang dari 2 jam. Yang goblok siapa? 😀

Ya saya sendiri, tapi biar goblok asal cakep. 😉

Saat Anda mengalami permasalahan yang sama seperti yang saya alami, sebenarnya solusinya sangat sederhana. Hanya dibutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk mengatasi permasalahan tersebut dan Anda pun bisa memakai kembali Trados Anda tanpa error. Berikut langkahnya:

Buka Start –> All Programs –> SDL International –> SDL Trados 2007 Freelance –> Trados –> Filters –> Filter Settings dan saat Anda sudah sampai pada tahap terakhir ini, sebuah jendela akan terbuka. Berikut gambarnya:

Lalu, apa langkah selanjutnya?

Klik Non accepted or rejected changes kemudian centang Process documents with non accepted or rejected changes, lalu klik Save, kemudian Exit. Berikut gambarnya:

Terakhir, restart SDL Synergy Trados Anda atau kalau belum Anda buka, Anda bisa langsung membukanya dan mulai proses buka file dari awal. Cukup jelas? Semoga iya. 😀

Disclaimer: Saya newbie dalam hal Trados, dan bersedia diajari jika ada yang mau. 😉

2 responses to “[80005] Error tidak jelas pada TagEditor –> SDL Trados 2007

Leave a comment