Wabah Emi dan Ali

Di zaman yang serba maju dengan teknologi yang super cepat dan canggih, banyak ditemukan penyakit atau wabah jenis baru, mulai dari siti (Cityville), fahmi (Farmville) sampai yang baru-baru ini ditemukan dan konon katanya sampai bikin orang-orang tidak bisa tidur nyenyak. Betapa tidak, hanya dalam hitungan jam penyakit atau wabah ini bisa langsung menyebar luas di bumi kita ini, padahal kita tahu bahwa penyakit atau wabah ini datang dari negeri Paman Sam.

Waduh, serius amat yak. Semoga tidak ada dokter yang membaca tulisanku ini karena ditakutkan menimbulkan fitnah hehehe. Padahal, aku sebenarnya berbicara tentang ‘game online’ atau permainan daring yang saat ini sedang ‘panas’ dan jadi buah bibir.

Ya, penyakit atau wabah itu diidentifikasi sebagai penyakit atau wabah bandel yang bisa membuat orang ketagihan sampai bahkan tidak bisa tidur. Emi dan Ali adalah sebuah jenis permainan baru yang mengkombinasikan permainan Siti (Cityville) dan Empire Age yang waktu itu juga pernah ‘meledak’. Mulai dari anak-anak hingga kakek-kakek semuanya tahu dan kecanduan permainan ini. Mulai dari pemulung sampah sampai pemulung dollar semuanya rame memperbincangkan permainan ini. Lalu, apa pendapat mereka tentang hal ini sebenarnya?

Sebagian ada yang takut memainkan permainan ini dan sebagian ada yang asyik bahkan kecanduan dengan permainan ini. Mereka yang takut, khawatir bahwa permainan ini akan mengakibatkan ‘kemandulan’ kerja meski tak sedikit pula mereka yang produktif juga memainkan permainan ini. Aku salah satu pecandunya dan memiliki kesan serta pendapat bahwa semua tidak perlu ditakuti dan dihindari. Semua patut dicoba dan kalau kita takut akan kecanduan, tentu saja hal ini tergantung pintar-pintarnya kita saja dalam mengelola waktu.

Sebagai seorang penerjemah yang juga menggeluti bidang ini, menurutku permainan ini atau bahkan semua permainan patut dicoba dengan niat ‘meningkatkan kemampuan kita dalam menerjemahkan atau melokalkan sebuah produk atau permainan dalam hal ini.’ Pertanyaannya adalah bagaimana bisa sebuah permainan dihubungkan dengan kemampuan menerjemahkan? Coba kita lihat beberapa bahasa yang ditampilkan di bar (batang) halaman permainan ini. Ada bahasa Inggris, Indonesia, Swedia, dll.. Tentu saja ini adalah ulah dari para rekan kita penerjemah dan perlu kita ketahui bahwa menerjemahkan permainan butuh keterampilan atau detail ekstra agar para pengguna bisa dengan mudah memahami instruksi atau pesan yang ada. Selain itu, dengan memainkannya (syukur-syukur nanti kita kebagian untuk menerjemahkannya *ngarep.com), kita pasti mendadak jadi jutawan baru. Betapa tidak, dengan menerjemahkan satu permainan saja, katakanlah, Emi dan Ali (Empires and Allies), kita bisa mendapatkan dana segar minimal 10 juta rupiah. Apakah kalian percaya?

Ya, kalau kalian tidak percaya, maka aku akan minta tolong si penerjemah permainan Emi dan Ali menulis kesaksiannya di sini. Xixixixixixixixi

*ngeblog dengan ponsel pintar sambil cangkru’an

Advertisements

2 responses to “Wabah Emi dan Ali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s